Rabu, 11 Oktober 2017

Cara mengecek no imei pada hp samsung

Cara Cek IMEI Samsung – Walaupun tak banyak orang yang tahu atau bahkan menghafal kode IMEI ponselnya, kode IMEI berperan sangat penting bagi ponsel. Di luar negeri atau beberapa negara maju, sebuah ponsel yang hilang, akan mudah terlacak dengan mengetahui kode IMEInya.
Selain itu, kode IMEI antara satu ponsel dengan yang lain tidak akan pernah sama alias identitas unik. Jadi, mengingat pentingnya info imei dan cara cek imei android untuk pengguna ponsel, yuk kita kupas satu per satu segala macam tentang kode IMEI sebagai berikut:

Pengertian kode IMEI

Kode IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Seperti namanya, kode tersebut adalah identitas unik dari perangkat HP secara internasional. Jadi, setiap ponsel yang ada di seluruh dunia secara global, memiliki identitas masing – masing yang tidak pernah akan sama.
Sebagai penomoran yang unik, tak heran jika lantas kode IMEI kerap dicantumkan dalam nota pembelian, dus box, ataupun nota garansi dan berbagai keperluan lain yang menyebutkan tentang identifikasi HP.
Ciri khas yang bisa dilihat dengan jelas dari kode IMEI adalah susunan angka terdiri dari 14 sampai 16 digit. Ponsel terbaru biasanya berjumlah 16 digit.
Fungsi utama dibuatnya kode IMEI adalah identifikasi ponsel. Tak hanya itu saja, kode IMEI juga bisa difungsikan untuk pemblokiran jaringan ketika ada yang menyalahgunakan ponsel, persis seperti konsep nomor rekening tabungan di bank.
Jadi, apabila ponselmu hilang atau dicuri, kamu bisa segera melaporkan kode IMEI tersebut ke provider untuk dilakukan pemblokiran agar sang pencuri tak bisa menggunakan ponsel. Selain itu, kamu juga bisa menyerahkan kode IMEI ke kepolisian untuk identifikasi dan menindaklanjuti kasus pencurian berdasarkan pelacakan terhadap kode IMEI.
Kombinasi angka dan huruf pada format kode IMEI mengacu pada format standar yang dirilis sejak tahun 2004. Format ini berupa AA-BBBBBB-CCCCCC-D yang disebut juga dengan Type Allocation Code alias TAC.
Pada ponsel Samsung Galaxy, kode yang tercantum TAC 35-853704. Di bagian C adalah serial number yang disematkan perusahaan secara unik pada masing – masing ponsel. Kemudian, digit terakhir atau bagian D, adalah verifikasi IMEI info samsung.

Tidak berhubungan dengan SIM Card

Setiap kode IMEI yang tersemat dalam ponsel tidak berkaitan dengan SIM Card. Meskipun, SIM Card dilepas atau tidak terpasang, kode IMEI akan tetap melekat. Bahkan, ketika ponsel tersebut di-reset sekalipun. Kode IMEI akan tetap sama dan menjadi nomor yang unik untuk pengidentifikasian.
Sayangnya, para oknum tak bertanggung jawab seringkali memanfaatkan beberapa kelemahan yang ada pada kode IMEI ini. Yaitu, dengan mengganti kode IMEI lama dengan yang baru. Oknum kriminal biasanya mengganti kode IMEI yang sudah terblokir dengan kode IMEI yang masih aktif agar ponsel bisa dipakai lagi. Sungguh tidak bertanggung jawab dan membuat keresahan bagi masyarakat pecinta gadget. Solusi praktis saat ini, sebaiknya jangan dengan mudah menyebarkan kode IMEI ponsel kepada siapa pun, karena bisa saja kode IMEI dapat dimanfaatkan oleh ulah tangan – tangan tidak bertanggung jawab.

Fungsi kode IMEI pada ponsel

Perusahaan ponsel membuat kode IMEI dalam standar jenis type allocation code (TAC). Deretan angka – angka dalam format khusus ini jika dibaca secara khusus akan dapat menunjukkan tipe atau model ponsel serta perusahaan yang membuatnya.

Cara Cek IMEI Samsung

Untuk mengecek berapakah nomor atau kode IMEI Samsung, kamu bisa menggunakan 2 Cara Cek IMEI Samsung. Berikut adalah langkah – langkahnya:

1. Melalui Keypad
- Pada keypad, tekan kode *#06#.
- kemudian, tekan tombol call.
- kode IMEI akan segera tampil di layar.

Cara Cek IMEI Samsung ini berlaku untuk semua jenis ponsel dengan berbagai tipe dan merek.

2. Melalui Setting
- Pada menu aplikasi, klik Settings.
- Cari About Phone.
- Cari kode IMEI.

Setelah mengetahui kode IMEI Samsung, kamu bisa mengunjungi website IMEI.info. Pada situs ini kamu bisa mengetahui berbagai info yang lebih rinci mengenai kode IMEI ponsel. Termasuk model, perusahaan pembuat hingga tahun dirilis.

Manfaat mengetahui kode IMEI pada ponselmu

Gimana, gampang kan Cara Cek IMEI Samsung? Jangan lupa untuk mencatat kode IMEI ponsel tersebut agar bisa kamu pakai ketika ponsel hilang atau HP-mu dicuri. Berbekal kode IMEI di tangan, kamu bisa lebih mudah melaporkan pemblokiran melalui kode IMEI ini ke gerai resmi penjual HP Samsung atau provider yang kamu pakai.
Kamu juga bisa melaporkan kode IMEI tersebut kepada pihak kepolisian agar segera dilakukan proses investigasi atas kasus pencurian ponselmu. Nah, sekarang langsung saja kamu coba Cara Cek IMEI Samsung di atas ya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Intel Optane SSD performa sampai kapasitas 1.5TB

Intel Optane SSD performa sampai kapasitas 1.5TB Sebagai buffer Computer Optane memberikan tranfer lebih cepat bahkan 10 kali dari SSD ...