Kamis, 28 September 2017

Sejarah Desa bengkel Sari

Sejarah Desa Bengkel Sari
Dalam rangka pemerataan pembangunan di Desa Antosari yang memiliki wilayah yang cukup luas dimana terdiri dari 12 Dusun yang berada jauh dari pusat pemerintahan Desa serta masih banyaknya masyarakat yang terisolasi maka timbullah keinginan masyrakat untuk memekarkan diri membentuk sebuah pemerintahan Desa yang baru, disamping untuk pemerataan pembangunan juga mempermudah pelayanan bagi masyarakat yang berada jauh dipelosok Desa.
Seiring perjalanan waktu maka mengingat keinginan masyarakat begitu besar, Kemudian diadakan pertemuan terkait pemekaran tersebut yang mana dari hasil pertemuan tersebut dengan seluruh komponen masyarakatsepakat untuk memekarkan Desa Antosari menjadi 2 (Dua) Desa Yaitu Desa Antosari Dan Desa Bengkel Sari sebagai hasil Desa pemekaran dengan SK Bupati Tabanan Nomor : 9 Tahun 2008 tanggal 8 Januari 2008.
Setelah berjalan lebih kurang 10 (Sepuluh ) bulan dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabanan Nomor : 170/1625/DPRD tanggal 22 Oktober 2008, Maka Desa Bengkel Sari ditetapkan Desa Definitif oleh Bupati Tabanan dengan SK Nomor : 294 Tahun 2008 pada tanggal 10 Nopember 2008.
Desa Bengkel Sari yang meliputi 5 (Lima) Banjar Dinas :
Dusun Banjar Bengkel.
Dusun Labak Suren I
Dusun Labak Suren II
Dusun Semaja
Dusun Tireman.
Pelayanan Pemerintahan :
Desa Bengkel Sari, Kecamatan Selemadeg Barat selalu siap melayani kebutuhan administrasi terhadap penduduk Desa Bengkel Sari sesuai dengan hak dan kewajiban.
Desa Bengkel Sari berada dilingkungan Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan. Desa dengan jarak tempuh 5 menit dari Kota Kecamatan ini atau sekitar 2 Km, memiliki luas 54,6 km2. Batas-batas Desa Bengkel Sari meliputi :
Utara   : Desa Lumbung.
Timur   : Desa Antosari (sungai Bangbangan)
Selatan            : Desa Antap
Barat   : Desa Lumbung (sungai Tireman)
VISI DESA BENGKEL SARI.
Visi pembangunan Desa Bengkel sari Tahun 2011 – 2015, adalah ”Terwujudnya Desa Bengkel Sari yang Aman,Nyaman ,Adil Dan Sejahtera berlandaskan Tri Hita Karana”
MISI DESA BENGKEL SARI
Misi pembangunan Desa Bengkel Sari Tahun 2011 – 2015, adalah :
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui program pendidikan dan program kesehatan, serta pengamalan ajaran agama kepada masyarakat sesuai dengan falsafah ”Tri Hita Karana”
Menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya desa.
Meningkatkan ketahanan ekonomi dengan menggalakkan usaha ekonomi kerakyatan, melalui program strategis di bidang produksi pertanian, pemasaran, koperasi, usaha kecil dan menengah, serta pariwisata.
Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, sehingga dapat menumbuhkembangkan kesadaran dan kemandirian dalam pembangunan desa yang berkelanjutan.
Menciptakan suasana yang aman dan tertib dalam kehidupan bermasyarakat.
Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kerjasama antar lembaga pemerintahan di desa serta lembaga adat.
Memberdayakan masyrakat menuju masyarakat mandiri.
ALAMAT DESA :
Alamat Desa Bengkel Sari, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan :
Banjar Dinas Banjar Bengkel,
Jalan Serijong – Lumbung,
Telpon Perbekel : 087 880 157 295.
Kondisi Geografis
Dari segi Geografis, Desa Bengkel Sari merupakan daerah pertanian dengan petani padi mayoritas. Selain itu, daerah ini juga menghasilkan tanaman kebun lainnya seperti Kelapa, kakao dan lain-lain. Selain itu, saat ini dimasyarakat juga telah terbentuk kelompok-kelompok tani yang pada akhirnya akan bias meningkatkan pendapatan seperti kelompok ternak, dan lain-lain yang kesemuanya telah tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani Sumber Sari).
Kondisi Demografi
Dari segi kependudukan, jenis pekerjaan masyarakat masih didominasi dari sebagai petani sawah, petani kebun dan buruh.
Relegi, budaya dan kesenian :
Dari factor relegi, sebagian besar masyarakat Desa Bengkel Sari menganut agama hindu. Namun dengan kondisi sekarang, terdapat beberapa orang penduduk beragama Kristen.
Dari segi kesenian beberapa tempat di Desa Bengkel Sari memiliki kelompok kesenian. Di Dusun Semaja yang memiliki kelompok kesenian Rindik dengan nama KEMBANG MEKAR.
Kelompok kesenian Rindik ini berdiri pada tahun 2007 dengan jumlah 5 (lima) orang anggota sekaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Intel Optane SSD performa sampai kapasitas 1.5TB

Intel Optane SSD performa sampai kapasitas 1.5TB Sebagai buffer Computer Optane memberikan tranfer lebih cepat bahkan 10 kali dari SSD ...